Daftar Isi

Followers

Thursday, March 15, 2012

Langgar Hak Cipta, Penulis China Akan Gugat Apple

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah penulis China akan mengajukan gugatan terhadap perusahaan teknologi Apple. Para penulis menilai Apple melanggar hak cipta dan tak memiliki izin menyediakan layanan gratis mengunggah buku-buku mereka.

Banyak pengguna Apple memiliki karya asli penulis China. Mereka tidak peduli soal hak cipta buku digital itu. Satu di antaranya Miss Yan yang sering mengunduh buku dan karya lain ke dalam iPhone maupun iPad-nya.

Penulis China, Mai Jia, mengatakan lima bukunya berada di Apple Store. Padahal ia sudah melarang pengguna Apple mengunduh dan membaca buku-buku itu.

Pernyataan senada pun datang dari penulis Secret of Grave Robber, Nanpai. Ia mengaku mengalami kerugian lebih dari 20 juta yuan akibat pembajakan bukunya oleh Apple.

Tidak hanya hak penulis, namun hak produser video dan film juga dilanggar. LE Tv telah mengeluarkan dana mahal untuk membeli hak tayang film China, Painted Skin. Namun, film itu kemudian muncul di aplikasi film Apple.

Manajemen Apple belum mengonfirmasi rencana tuntutan itu. Persatuan perlindungan hak penulis akan memediasi upaya negosiasi langsung dengan Apple. (Wtr4)

http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/03/15/147207/Langgar-Hak-Cipta-Penulis-China-Akan-Gugat-Apple/7
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Anda boleh copas. asal sertakan link back ke blog ini Terimakasih.

ANDA WAJIB KOMENTAR :D !!
jika anda Tidak Punya Akun Apapun, Anda Bisa Menggunakan ANONIMOUS

Total Pageviews

Visitor

free counters Flag Counter and Map visitor
free counters