Daftar Isi

Followers

Friday, July 13, 2012

TERNYATA FACEBOOK MEMONITORI ISI CHATTING KITA

 13421370691624076154

ilustrasi (2.bp.blogspot.com)
Bagi yang suka chatting di Facebook, apalagi sengaja maupun becanda agak berlebihan menggunakan bahasa vulgar atau berbau kriminal. Hati-hati saja karena facebook telah memasang satu software baru yang dapat mendeteksi frasa tertentu yang mengindikasikan pelanggaran hukum atau ancaman bagi para penggunanya.
Seperti yang ditulis Mashable.com, kemarin 12 Juli 2012.  Apabila sinyal terhadap frasa tertentu ditemui oleh “software pintar” tersebut, secara otomatis akan memindahkan rekaman chatting (copy) dan memberitahukan karyawan Facebook bagian keamanan, yang kemudian dapat menentukan apakah perlu memberitahukan polisi atau tidak.
Rincian baru mengenai sistem pemantauan Facebook tersebut menurut Mashable berasal dari wawancara bersama Kepala Keamanan perusahaan Facebook, Joe Sullivan,
Catatan peringatan dari software ini menjadi penting untuk memantau perilaku penjahat dan predator seksual yang sebelumnya memiliki catatan buruk. Namun cara kerjanya akan berlaku bagi semua user yang memanfaatkan fasilitas chatting pada Facebook.
Walau menyadari hadirnya fasilitas ini akan mendapat tantangan dari para aktivis yang memperjuangkan privasi atau bahkan melanggar hukum privasi  negara lokal pengguna Facebook. Namun setidaknya satu predator anak telah dibawa ke pengadilan sebagai bukti langsung hasil dari pemindaian chatting Facebook, seperti yang dilaporan Reuters.
Tidak dijelaskan akan menggunakan bahasa apa software tersebut bekerja, namun karena Facebook ikut menjamin penerapan hukum lokal maka dimungkinkan software ini akan bekerja dalam berbagai bahasa.
Hal lain juga tidak dilaporkan apakah pemindahan chatting disimpan secara parmanen atau dihapus. Namun paling tidak sebagai bukti hukum, apabila nantinya terjadi pelanggaran hukum dikemudian hari, catatan ini berperan penting  oleh karena itu memiliki idikasi akan disimpan secara dalam waktu yang lama.
Dengan adanya software pintar ini, bagi pengguna aktif chatting Facebook atau fasilitas chat messenger lainnya setidaknya dapat mengevaluasi diri, bahwa rekaman chatting dapat menjadi penting sebagai bukti apabila terjadi perbuatan melanggar hukum di kemudian hari. Berdalih privasi saja tidak cukup, apalagi hanya untuk berlindung dari perbuatan yang melanggar hukum. Bukan saja Facebook telah menyadari hall tersebut, tetapi  semua orang dapat menyimpan apabila mendapatkan gangguan yang sama. Jadi, tetap waspada saja, jaga perilaku kita di dunia maya pada umumnya.

http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/07/13/hati-hati-facebook-memonitor-chatting-anda/
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Anda boleh copas. asal sertakan link back ke blog ini Terimakasih.

ANDA WAJIB KOMENTAR :D !!
jika anda Tidak Punya Akun Apapun, Anda Bisa Menggunakan ANONIMOUS

Total Pageviews

Visitor

free counters Flag Counter and Map visitor
free counters