Daftar Isi

Followers

Sunday, March 4, 2012

Dibalik kenapa helm simoncelli bisa lepas

teori kenapa helm Simoncelli bisa terlepas pada ajang MotoGP  Malaysia  di sirkuit Internasional Sepang pada 23 Oktober 2011. Mungkin  sempat terpikir oleh agan. Kok bisa hal yang sangat langka ada helm pembalap motor setingkat kelas MotoGP terlepas saat mengalami kecelakaan.
Dalam kecepatan tinggi, semua kemungkinan yang dianggap tidak mungkin terjadi, bisa saja terjadi. Dan hal  paling fatal yang mungkin dialami
seorang pembalap adalah saat pembalap terjatuh dan tertabrak oleh pembalap yang lain. Disini  ada 2 kemungkinan yang menyebabkan Helm Super – Sic yang dikenakan Simoncelli terlepas saat kecelakaan. Yang pertama adalah Human Error dan yang kedua adalah Impact. Nah, untuk kemungkinan yang pertama saya kira itu tidak mungkin  terjadi. Karena standar pengecekan dan pemasangan helm dalam sebuah ajang balap motor tak hanya dilakukan oleh pembalap tapi juga teknisi tim.
Sekarang kita beralih ke kemungkinan kedua. Benturan keras yang diterima
helm apapun tak mungkin terhindar dari kemungkinan terburuk.  Untuk memperjelas agan saya beri  suatu contoh hasil kutipan dari hasil uji bentur helm yang dilakukan oleh produkan hel NHK. Jadi ketika sebuah helm bergerak dengan kecepatan 70 km/jam sama saja ada sebuah tekanan sebesar 270-275G
Kalau diasumsikan, helm Simoncelli kena lindas motor yang melaju dengan kecepatan 150 km/jam. Dengan kecepatan segitu, apapun bahan, konstruksi  maupun struktur dari helm tak akan banyak berarti lagi.
     Nah, pertanyaannya, bagaimana dengan tali pengait yang terlepas? Good question! Tali penait yang terlepas juga bisa diakibatkan oleh adanya daya dorong yang sangat kuat. Kali ini saya akan memberikan contoh lagi hasil dari uji coba yang dilakukan NHK. Dimisalkan berat sebuah helm adalah 1,6 kg. Jika ada hentakan berteka
nan minimal 20G, maka itu sama saja dengan adanya sebuah upaya menarik tali dengan kekuatan 32 kg. Dan perlu agan tau, tak ada tali pengait helm yang mampu menahan bobot seberat itu.
     Lalu bagaimana dengan padding yang membantu mengunci helm?Jadi asal agan tau, padding itu sebenarnya adalah alat bantu helm agar helm bisa presisi di semua area kepala pemakainya. Jadi kalau menurut saya, kabar yang menyatakan helm Simoncelli terlepas karena rambut kribonya kurang pas. Sekedar info ya gan, di balapan local saja, umumnya pembalap motor memakai helm yang ukuranyya lebih kecil dibawahnya satu sampai dua nomor dari semestinya. Semoga informasi ini berguna buat agan.(hdr)
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Anda boleh copas. asal sertakan link back ke blog ini Terimakasih.

ANDA WAJIB KOMENTAR :D !!
jika anda Tidak Punya Akun Apapun, Anda Bisa Menggunakan ANONIMOUS

Total Pageviews

Visitor

free counters Flag Counter and Map visitor
free counters