Followers

Minggu, 04 Maret 2012

Faktanya, penggunaan helm bisa menyebabkan gangguan pendengaran

helm
Perdebatan tidak  pernah habis soal plus-minus helm sepeda motor. Menurut para peneliti dari University of Bath, helm sepeda motor dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Menurut mereka sumber aeroacoustic dari kebisingan sepeda motor, sumber terbesar dari kebisingan untuk pengendara sepeda motor bukan pada deru mesin sepeda motor itu, melainkan kebisingan yang dihasilkan oleh udara yang melewati helm.

Para ilmuwan Inggris menempatkan helm di atas kepala sebuah manekin, dipasang dalam sebuah terowongan angin dan menyalakan kipas, menciptakan angin dan situasi kebisingan seperti naik motor.

Dengan menempatkan mikrofon di berbagai lokasi, para peneliti menemukan bahwa area bawah helm dan dekat dagu merupakan sumber signifikan dari suara yang mencapai gendang telinga seorang pengendara. Tim juga meneliti bagaimana helm sudut dan kecepatan angin mempengaruhi kenyaringan tersebut.

Namun, para peneliti memperkuat gagasan yang sudah ada bahwa pengendara yang memakai helm mengurangi risiko patah tulang tengkorak saat kecelakaan fatal. Adapun masalah gangguan pendengaran, peneliti menganjurkan menggunakan sumbat telinga.

0 comments:

Poskan Komentar

Anda boleh copas. asal sertakan link back ke blog ini Makasih

ANDA WAJIB KOMENTAR :D !!
jika anda Tidak Punya Akun Apapun,, Anda Bisa Menggunakan ANONIMOUS

Visitor

free counters Flag Counter and Map visitor
free counters